Pages

Ads 468x60px

Rabu, 13 April 2016

APAKAH SUDAH ADA DEMOKRASI DI NEGARA INDONESIA INI.?

Mencermati lebih dari satu dasawarsa perjalanan demokrasi di negara kita, sejujurnya harus kita akui bahwa pada dasarnya kita bangga atas Negara kita saat ini yang  sudah menerapkan sistem pemerintahan yang demokratis dimana dengan adanya sistem tersebut partisipasi rakyat dalam pembangunan menjadi lebih diakui dan lebih dihormati.

Namun demikian bila kita cermati lebih jauh, benarkah kita telah merasakan adanya kebanggaan yang sebenarnya dan apakah tujuan berdemokrasi hanya sebatas untuk mencapai kebanggaan - kebanggaan sebagaimana di atas?

Menurut pendapat saya, kebanggaan yang kita rasakan adalah semu, kurang pua,  karena bukan merupakan sebuah kebanggaan yang muncul atas tercapainya tujuan akhir demokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan. Bila kita amati maka sebenarnya yang terjadi dalam pelaksanaan demokrasi di negara kita selama lebih dari 10 tahun adalah pelaksanaan demokrasi parsial atau setengah hati

 Yang mana tujuan dari masing - masing bagian tersebut tidak terintegrasi sebagaimana layaknya sebuah sistem. Dengan demikian demokrasi yang kita laksanakan selama ini masih jauh dari tujuan sebenarnya yaitu kesejahteraan dan kemakmuran rakyat,  tujuan ini sejatinya hanya dapat dicapai melalui pelaksanaan sistem demokrasi yang utuh, jujur, terpercaya, dan membuktikan sesuai janji, tidak parsial dan tidak setengah hati.

Contoh Singkat Mengenai Semu nya Demokrasi di Negara kita ini :


Sang pemegang amanah tidak menjalankan amanahnanya dengan baik, masih banyak pemimpin pemerintah yang tersangkut kasus korupsi, penggelapan pajak, penyogokan dan kasus kasus tragis lainya. Rakyat mempunyai hak penuh untuk memilih pemimpinnya dan pemimpin yang dipilih mempunyai kewajiban untuk menjalankan amanah dari rakyat, bukan membodohi rakyat. Wajar bila berdampak mulai memudarnya kepercayaan terhadap pemerintah.

0 komentar:

Posting Komentar