PROPERTISISTEM
1.Sebutkandanjelaskanpropertisistem
yang memberikankeamananuntuksebuahsistem !
JAWAB :
PropertiSistem Yang MemberikanKeamanan.
Sebuah system harusmempunyaitiga property (sifat), yaitu :
1.
Integritas,
system akanmempunyaiintegritasbilaiaberjalanmenurutspesifikasinya. Perancang
system berusahauntukmengembangkan system yang mempunyaiintegritasfungsional,
yaitukemampuanuntukmelanjutkanoperasi,
apabilasalahsatuataulebihdarikomponennyatidakberjalan.
2.
Audibilitas,
iaakanbersifat audible jikaiamemilikivisibilitasdan accountability
(dayaperhitungan). Bila system
memilikiaudibilitasmakamudahbagiseseoranguntukmemeriksa,
memverifikasiataumenunjukkanpenampilannya.
3.
Dayacontrol
,memungkinanmanajeruntukmenanganipengerahanataupenghambatanpengaruhterhadap
system. Teknik yang efektifuntukmendapatkandayakontrol system
iniadalahdenganmembagi system menjadisubsistem yang
menanganitransaksisecaraterpisah.
AREA CONTROL UNTUK
KOMUNIKASI DATA
2.
Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko ke amanan yang lebih
besar dari ada komputer yang ada didalam suaturuangan, sebutdanjelaskan area control
untuk komunikasi data !
JAWAB :
Komunikasi
Data (Data Communication)
Komputer yang adadalamjaringanmemberikanpeluangrisikokeamanan yang lebihbesardaripadakomputer yang ada di dalamsuaturuangan.
Komputer yang adadalamjaringanmemberikanpeluangrisikokeamanan yang lebihbesardaripadakomputer yang ada di dalamsuaturuangan.
Area kontroliniterdiridari :
1.
Kontrolpengirimanpesan.
2.
Kontrolsaluran (channel) komunikasi.
3.
Kontrolpenerimaanpesan.
4.
Rencanapengamanandatacomsecaramenyeluruh
3.Prototypedapatmemberikan ide
bagipembuatdanpemakaipotensialtentangcara system berfungsidalambentuklengkapnya,
proses akanmenghasilkan prototype (prototyping), sebutkandanjelaskanjenis –
jenis prototype !
JAWAB :
Jenis
– jenisPrototype :
1. JenisI ,akanmenjadisistemopersional.
Langkah – langkahnya :
·
Mengidentifikasikebutuhan
user.
·
Mengembangkan
prototype.
·
Menentukanapakah
prototype dapatditerima.
·
Menggunakan
prototype.
2.
JenisII ,langkah – langkahnya :
·
Mengadakansistemoperasional.
·
Mengujisistemoperasional.
·
Menentukanjikasistemoperasionaldapatditerima.
·
Menggunakansistemoperasional.
SUMBER
DAYA INFORMASI
4. Sebutkan dan jelaskan
sumber daya informasi perusahaan !
JAWAB :
Macam- macamSumberDayaInformasi :
1. hardware (perangkatkeras).
Hardware merupakan element darisistem computer.Merupakanperangkat yang dapatlihatdandapatsentuhsecarafisik, sepertiperangkatmasukan, perangkatpemroses, maupunperangkatkeluaran.
2. software
(perangkatlunak).
Merupakansekumpulanperintah yang dijalankan (ataudieskusi) olehkomputer.Program komputeriniterdiridarisusunanlogikauntukmenjalankansuatupekerjaantertentu di komputer.Melibatkanberbagaikomponendalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpanataudibaca.Logika yang adadalamperangkatlunaktersebutdisusunsedemikianrupasehingga computer dapatmemahamidanmenjalankaninstruksi yang terkandungdidalamnya.
3. spesialisinformasi.
Spesialisasiinformasi (information specialist) untukmengambarkanpegawaiperusahaan yang sepenuhwaktubertanggungjawabmengembangkandanmemelihara system berbasiskomputer.
4. pemakai (manusia).
End user sinonimdenganpemakai, iamenggunakanprodukakhirsuatusistemberbasiskomputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalahpengembanganseluruhatausebagiansistemberbasiskomputerolehparapemakai.
Merupakansekumpulanperintah yang dijalankan (ataudieskusi) olehkomputer.Program komputeriniterdiridarisusunanlogikauntukmenjalankansuatupekerjaantertentu di komputer.Melibatkanberbagaikomponendalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpanataudibaca.Logika yang adadalamperangkatlunaktersebutdisusunsedemikianrupasehingga computer dapatmemahamidanmenjalankaninstruksi yang terkandungdidalamnya.
3. spesialisinformasi.
Spesialisasiinformasi (information specialist) untukmengambarkanpegawaiperusahaan yang sepenuhwaktubertanggungjawabmengembangkandanmemelihara system berbasiskomputer.
4. pemakai (manusia).
End user sinonimdenganpemakai, iamenggunakanprodukakhirsuatusistemberbasiskomputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalahpengembanganseluruhatausebagiansistemberbasiskomputerolehparapemakai.
5. fasilitas (mesin).
Fasilitasmerupakansumberdayauntukmenyimpandanmendukungsiseminformasi, contohnyateknologiinformasi.Denganmenggunakanfasilitas yang adauntukmenyimpandanmendukungsumberdayatersebut.
6. database.
Basis data (database) adalahkumpulandariberbagai data yang salingberhubungansatudengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkatkeras, sertadimanipulasidenganmenggunakanperangkatlunak.Pendefinisian basis data meliputispesifikasidaritipe data, strukturdanbatasandari data atauinformasi yang akandisimpan. Database merupakansalahsatukomponen yang pentingdalamsisteminformasi, karenamerupakan basis dalammenyediakaninformasipadaparapenggunaatau user.
7. informasi
Informasiadalah data yang diolahmenjadibentuk yang lebihbergunadanlebihberartibagi yang menerimanya. Data adalahkenyataan yang menggambarkansuatukejadian-kejadiandankesatuan yang nyata.Atau data adalahrepresentasidunianyata yang mewakilisuatuobjeksepertimanusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkamdalambentukangka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyiataukombinasinya.
Fasilitasmerupakansumberdayauntukmenyimpandanmendukungsiseminformasi, contohnyateknologiinformasi.Denganmenggunakanfasilitas yang adauntukmenyimpandanmendukungsumberdayatersebut.
6. database.
Basis data (database) adalahkumpulandariberbagai data yang salingberhubungansatudengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkatkeras, sertadimanipulasidenganmenggunakanperangkatlunak.Pendefinisian basis data meliputispesifikasidaritipe data, strukturdanbatasandari data atauinformasi yang akandisimpan. Database merupakansalahsatukomponen yang pentingdalamsisteminformasi, karenamerupakan basis dalammenyediakaninformasipadaparapenggunaatau user.
7. informasi
Informasiadalah data yang diolahmenjadibentuk yang lebihbergunadanlebihberartibagi yang menerimanya. Data adalahkenyataan yang menggambarkansuatukejadian-kejadiandankesatuan yang nyata.Atau data adalahrepresentasidunianyata yang mewakilisuatuobjeksepertimanusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkamdalambentukangka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyiataukombinasinya.
JAWAB :
Tahapan- tahapannya :
1. mengidentifikasikanpelanggan IS.
1. mengidentifikasikanpelanggan IS.
2. menentukankebutuhankualitas
3. menetapkanmetrikkualitas..
4. menentukanstrategikualitas IS.
5. menerapkan program kualitas IS.
6. memantaukinerjakualitsa IS .
3. menetapkanmetrikkualitas..
4. menentukanstrategikualitas IS.
5. menerapkan program kualitas IS.
6. memantaukinerjakualitsa IS .
0 komentar:
Posting Komentar