Pages

Ads 468x60px

Kamis, 07 Januari 2016

T4_ SOFTSKILL (Propertisistem, Area Komunikasi, Sumber Daya Informasi, Manajemen Mutu)



PROPERTISISTEM

1.Sebutkandanjelaskanpropertisistem yang memberikankeamananuntuksebuahsistem !
JAWAB : 

PropertiSistem Yang MemberikanKeamanan.
Sebuah system harusmempunyaitiga property (sifat), yaitu :
1.      Integritas, system akanmempunyaiintegritasbilaiaberjalanmenurutspesifikasinya. Perancang system berusahauntukmengembangkan system yang mempunyaiintegritasfungsional, yaitukemampuanuntukmelanjutkanoperasi, apabilasalahsatuataulebihdarikomponennyatidakberjalan.
2.      Audibilitas, iaakanbersifat audible jikaiamemilikivisibilitasdan accountability (dayaperhitungan). Bila system memilikiaudibilitasmakamudahbagiseseoranguntukmemeriksa, memverifikasiataumenunjukkanpenampilannya.
3.      Dayacontrol ,memungkinanmanajeruntukmenanganipengerahanataupenghambatanpengaruhterhadap system. Teknik yang efektifuntukmendapatkandayakontrol system iniadalahdenganmembagi system menjadisubsistem yang menanganitransaksisecaraterpisah.

AREA CONTROL UNTUK KOMUNIKASI DATA
 2. Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko ke amanan yang lebih besar dari ada komputer yang ada didalam suaturuangan, sebutdanjelaskan area control untuk komunikasi data !
 
JAWAB : 
Komunikasi Data (Data Communication)
Komputer yang adadalamjaringanmemberikanpeluangrisikokeamanan yang lebihbesardaripadakomputer yang ada di dalamsuaturuangan.
Area kontroliniterdiridari :
1.      Kontrolpengirimanpesan.
2.      Kontrolsaluran (channel) komunikasi.
3.      Kontrolpenerimaanpesan.
4.       Rencanapengamanandatacomsecaramenyeluruh
3.Prototypedapatmemberikan ide bagipembuatdanpemakaipotensialtentangcara system berfungsidalambentuklengkapnya, proses akanmenghasilkan prototype (prototyping), sebutkandanjelaskanjenis – jenis prototype !

JAWAB : 
Jenis – jenisPrototype :
1. JenisI ,akanmenjadisistemopersional.
Langkah – langkahnya :
·         Mengidentifikasikebutuhan user.
·         Mengembangkan prototype.
·         Menentukanapakah prototype dapatditerima.
·         Menggunakan prototype.
2. JenisII ,langkah – langkahnya :
·         Mengadakansistemoperasional.
·         Mengujisistemoperasional.
·         Menentukanjikasistemoperasionaldapatditerima.
·         Menggunakansistemoperasional.

SUMBER DAYA INFORMASI
4. Sebutkan dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan !

JAWAB :
Macam- macamSumberDayaInformasi :
1. hardware (perangkatkeras).
Hardware merupakan element darisistem computer.Merupakanperangkat yang dapatlihatdandapatsentuhsecarafisik, sepertiperangkatmasukan, perangkatpemroses, maupunperangkatkeluaran.

2. software (perangkatlunak).
Merupakansekumpulanperintah yang dijalankan (ataudieskusi) olehkomputer.Program komputeriniterdiridarisusunanlogikauntukmenjalankansuatupekerjaantertentu di komputer.Melibatkanberbagaikomponendalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpanataudibaca.Logika yang adadalamperangkatlunaktersebutdisusunsedemikianrupasehingga computer dapatmemahamidanmenjalankaninstruksi yang terkandungdidalamnya.

3. spesialisinformasi.
Spesialisasiinformasi (information specialist) untukmengambarkanpegawaiperusahaan yang sepenuhwaktubertanggungjawabmengembangkandanmemelihara system berbasiskomputer.

4. pemakai (manusia).
End user sinonimdenganpemakai, iamenggunakanprodukakhirsuatusistemberbasiskomputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalahpengembanganseluruhatausebagiansistemberbasiskomputerolehparapemakai.
5. fasilitas (mesin).
Fasilitasmerupakansumberdayauntukmenyimpandanmendukungsiseminformasi, contohnyateknologiinformasi.Denganmenggunakanfasilitas yang adauntukmenyimpandanmendukungsumberdayatersebut.

6. database.
Basis data (database) adalahkumpulandariberbagai data yang salingberhubungansatudengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkatkeras, sertadimanipulasidenganmenggunakanperangkatlunak.Pendefinisian basis data meliputispesifikasidaritipe data, strukturdanbatasandari data atauinformasi yang akandisimpan. Database merupakansalahsatukomponen yang pentingdalamsisteminformasi, karenamerupakan basis dalammenyediakaninformasipadaparapenggunaatau user.

7. informasi
Informasiadalah data yang diolahmenjadibentuk yang lebihbergunadanlebihberartibagi yang menerimanya. Data adalahkenyataan yang menggambarkansuatukejadian-kejadiandankesatuan yang nyata.Atau data adalahrepresentasidunianyata yang mewakilisuatuobjeksepertimanusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkamdalambentukangka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyiataukombinasinya.

MENCAPAI MANAJEMEN MUTU
5. Sebutkan dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !
 
JAWAB :
 Tahapan- tahapannya :

1. mengidentifikasikanpelanggan IS.
2. menentukankebutuhankualitas
3. menetapkanmetrikkualitas..
4. menentukanstrategikualitas IS.
5. menerapkan program kualitas IS.
6. memantaukinerjakualitsa IS .


0 komentar:

Posting Komentar